Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis – jenis dan Manfaat Produk Elektronik Praktis

Pemanfaatan produk elektronika semakin pesat sejak ditemukannnya transistor oleh ‘Jhon Bardeen, William Schokley, dan Walter Bratain di tahun 1947. Sistem kontrol berbasis transistor terus berkembang yang dapat memungkinkan perangkat elektronika semakin kecil dimana komputer IC (integrated Circuit) yang merupakan rangkaian terpadu, dalam perkembangannya semakin menambah keberagaman pengggunaan elektronika yang berbahan semikonduktor tersebut.

- Jenis Produk Elektronika Praktis


Produk elektronika dapat kita jumpai setiap hari diantaranya ada di dalam rumah seperti komputer, TV, musik CD, Radio, dan telepon. Sedangkan dikantor dapat kita jumpai seperti printer, faximile, sensor sebagai alat penditeksi, robot perakit dan dijalan raya terdapat papan reklame, lampu jalan otomatis, dan lainnya.

Penggunaan produk elektronika pada industri kreatif dalam penerapannya untuk mengurangi beban kerja manusia dan mendapatkan hasil yang cepat, tepat dan eisien maupun untuk pendukung hobi atau life stile penggunanya. Berikut 2 contoh jenis produk elektronika praktis yang mungkin dapat dipelajari dan dibuat jika anda memiliki pengetahuan dibidang elektronik.

a. Tracking System Panel Surya.

Solar tracker terdiri dari komputer IC LM339, H-Bridge motor driver IC L293D (IC2), dan beberapa komponen diskrit. Light Dependent Resistor LDR1 melalui LDR4 digunakan sebagai sensor untuk menditeksi posisi panel relatif terhadap matahari. 


Jenis – jenis dan Manfaat Produk Elektronik Praktis
Produk Elektronik Praktis Panel Surya

Sensor memberikan sinyal ke drive motor IC2 untuk memindahkan panel surya kearah matahari. LDR1 dan LDR2 tetap ditepi panel surya sepanjang sumbu X dan terhubung ke pembanding A1 dan A2 masing – masing.

Present VR1 dan VR2 diatur untuk mendapatkan output komparator rendah pada pin 2 dan 1 pembanding A1 dan A2 masing – masing sehingga untuk menghentikan motor M1 ketika sinar matahari tegak lurus ke panel surya. Ketika LDR2 menerima cahaya lebih dari LDR1, ia menawarkan resistensi yang lebih rendah dari LDR1, memberikan masukan yang tinggi dengan pembanding A1 dan A2 pada pin 4 dan pin 7 masing – masing.

Tegangan di pin 5 dari komparator A1 sekarang lebih tinggi dari tegangan pada pin 4. Motor berputar dalam arah yang berlawanan dan panel surya berubah. LDR3 dan LDR4 melacak matahari sepanjang sumbu Y.

b. Lampu Sepeda Pintar.

Rangkaian elektronik menggunakan 6V,3W kompatibel dinamo dan bekerja sangat sederhana. Ketika dinamo sepeda menghubungkan sumber daya baterai sampai dinamo mulai menghasilkan tegangan lagi. Rangkaian mencegah sumber cahaya terdapat daya tinggi ketika sepeda berjalan dan kelebihan energi digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Pada rangkaian, standar lampu sepeda diganti dengan generik modul LED putih dna lampu belakang diganti dengan LED merah 10 mm. Baterai yang digunakan untuk menghasilkan output 6V DC dihasilkan dengan menymbung seri dari baterai 1,2 V, 600 mAh sel Ni-Cd sebanyak lima buah. Ketika dynamo menyentuh roda sepeda yang berputar dan diode D1, D2, D3 dan D4 membentuk jembatan bridge melalui penyangga C1 charge.

Ketika sepeda berhenti maka relai tidak mendapatkan energi sehingga lampu LED 1 dan LED 2 mendapatkan energi dari baterai Ni-Cd melalui D5 dan R1. D5 mencegah baterai dari pemakaian (S1 off).

Rangkaian elektronik ini dibuat untuk pengendara sepeda pada malam hari dengan aman dan lampu tetap menyala meski sepeda sedang tidak berjalan atau sedang berhenti. Kemasan rangkaian dapat dibuat berupa kotak yang dipasang di bodi sepeda anda.

- Manfaat Produk Elektronika Praktis.


Permintaan masyarakat akan barang – barang elektronik dimasa sekarang ini sangat banyak ditemukan sebab peralatan elektronok bukan lagi barang mewah tetapi hampir semua orang membutuhkannya untuk mempermudah pekerjaan sehari – hari. Hal ini tentunya dapat membuka peluang untuk membuat suatu usaha dibidang elektronik.

Kesuksesan usaha di bidang elektronik dipengaruhi oleh kejelian melihat pasar dan terus mengikuti perkembangan atau tren teknologi masa kini. Penyedia kebutuhan akan produk elektronik yang memiliki desain kekinian dapat memenuhi kebutuhan dalam menemukan produk baru yang dibutuhkan konsumen.

Rangakaian elektronik dalam perkembangannya bermanfaat di dunia industri kreatif baik utnuk kebutuhan dengan skala industri rumah tangga hingga yang berskala industri besar seperti perusahaan. Kemampuan dalam membuat berbagai rangkaian elektronik yang sesuai dengan kebutuhan akan membawa kewirausahaan di bidang elektronik untuk dapat membuat peralatan praktis dan sederhana hingga yang kompleks.

Sistem kontrol berbasis elektronika menggunakan rangakian elektronik berawal dari rangakaian sederhana dan ketika dikembangkan menjadi sebuah rangkaian besar maka dapat membawa suatu manfaat dalam kehidupan. Rangkaian terdiri atas susunan komponen – komponen eletronika yang dirangkai dengan sumber tegangan listrik menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi dan kegunaan. Teknologi dalam bidang eletronika sebagai faktor utama untuk mendukung perkembangan teknologi baik secara analog ataupun digital.

Pembuatan rangkaian elektronik yang diawali dengan skema, di rangkai menjadi sebuah rangkaian yagn memiliki nilai fungsi dan etetik serta daya saing. Aplikasi rangkaian elektronik diantaranya adalah;

  • Lampu klip baca LED,
  • Traffic light (mengatur alur lalu linas),
  • Lampu penerangan kendaraan umum yang dilengkapi dengan sensor untuk menghidupakn dan mematikannya,
  • Lemari pakaian yang dilengkapi dengan kaca rias, dimana ketika pengguna mendekati lemari tersebut maka secara otomatis lampu penerangan akan menyala dan akan padam jika penggunanya menjauh.


Pemanfaatan perkembangan teknologi dapat mempermudah pekerjaan. Tingginya minat dan daya beli konsumen akan barang – barang eletronok dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha dibidang elektronik.

Demikian uraian singakat tentang jenis serta fungsi produk elektronika praktis tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber:Prakarya-Kemdikbud_RI.