Artikel Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia

Pasar Paling Ekstrim di Indonesia

Berikut ini kita akan mengulas tentang suatu pasar yang didalamnya di jual berbagai macam makanan ekstrime yang jarang kita temui di pasar manapun dan merupakan salah satu pasar yang paling ekstrim di Asia. Pasar ini bertempat di Kota Tumohon Manado

Sekilas, jika anda melihat pasar ini maka akan nampak sama saja dengan dengan pasar lain [ada umumnya, namun jika anda masuk lebih dalam lagi maka anda akan melihat sesuatu yang lain dan menarik, unik dan juga ekstrim. 

Hal ekstrime tersebut yaitu diperjual belikannya daging hewan buas seperti ular, biawak, anjing, tikus, kucing, dan lainnya dengan harga mahal dan bervariasi mulai dari harga 50 hingga ratusan ribu rupiah sesuai dengan besar dan jenis hewannya. Seperti misalnya hewan Soa – Soa ( biawak ) yang di hargai pada kisaran 200 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah.

1. Ular Sawah Bakar/Rebus.

Penduduk yang ada di Tumohon Manado ini memiliki kebiasaan makan makanan yang bersumber dari hewan liar. Salah satu hewan paling liar paling paforit yang laris di pasar ini yaitu ular sawah yang konon katanya memiiki khasiat yang diantaranya :

Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
  • Mengobati penyakit kolesterol,
  • Penyakit kulit, 
  • Penyakit jantung, 
  • Penyakit gatal-gatal, dan
  • Lainnya.

Masyarakat di sana banyak mempercayai bahwa khasiat tersebut adalah obat bagi mereka

2. Tikus Hutan Bakar.

 Selain itu ada pula yang berjualan tikus bakar, namun tikus itu bukan tikus rumahan atau tikus got tetapi tikus hutan. Harga daging tikus perekornya berkisar 20 hingga 30 ribu rupiah.

Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
Muncul satu pertanyaan, Bagaimana kita membedakan antara tikus got atau rumahan dengan tikus hutan? Hal tersebut dapat dibedakan dengan melihat ekornya. Ekor tikus hutan jauh lebih panjang dan berwarna putih, sedangkan tikus got atau tikus rumahan ekornya pendek dan berwarna hitam. 

3. Kodok Rebus.

Kodok juga merupakan salah satu dari sekian banyak hewan liar yang di perjual belikan dagingnya untuk di makan. Hewan ini menurut masyarakat setempat juga memiliki khasiat yang khas untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Kelelawar Bakar.

Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia ada di Sini
Kelelawar yang di perdagangkan di pasar ini dibandrol dengan harga 20 hingga 40 ribu rupiah. Menurut masyarakat setempat khasiat utama dari hewan ini yaitu mengobati penyakit asma terutama pada hati kelelawarnya.

5. Kucing Bakar. 

Kucing bakar di bandrol dengan harga 120 hingga 135 ribu rupiah. Belum jelas apa khasiat dari hewan kucing ini namun tetap saja hewan ini menjadi salah satu bagian dari jenis hewan yang diperjual belikan dagingnya oleh masyarakat setempat. Kedengaran aneh memang namun itulah keunikan pasar ini dan keextrimannya.

Masih banyak lagi hewan liar lainnya yang diperdagangkan dipasar ini yang tidak dapat saya jelaskan satu persatu. Entah apa yang ada dibanak para pedagang dan para pembeli yang ada di pasar ini. Mungkin jika anda datang ke tempat atau pasar ini, anda akan diajak berfikir tentang darimana asal hewan liar tersebut dan apakah itu legal atau ilegal di mata pemerintah setempat.

Hal ini terkadang diluar nalar, namun meskipun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa banyak hal yang terjadi diluar sana yang tidak kita ketahui dan atau bahkan bagi kita itu mustahil namun ternyata ada dan juga nyata di dunia ini.

Sekian dulu penjelasan dari saya, terimakasih semoga bermanfaat. 


0 Response to "Artikel Budaya Indonesia: Pasar Paling Ekstrim di Indonesia"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel