10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain

10 Budaya Indonesia yang Unik

Seperti yang kit ketahui bersama bahwa Indonesia yang kaya akan tradisi dan juga budayanya mampu membuat dunia kagum sebab semua budaya yang ada merupakan budaya yang khas Indonesia dan tidak ada di negara lainnya dan sudah ada sejak dahulu serta sudah diturunkan secara turun temurun hingga pada saat sekarang ini.

Jika anda sering traveling ke luar negeri, kalian tidak ada dapat menemukan berbagia tradisi unik khas Indonesia seperti yang akan di utarakan berikut ini.

1. Budaya Kebo – Keboan ( Banyuwangi ).

Ritual kebo-keboan dari banyuwangi ini hanya di laksanakan satu tahun sekali tepatnya pada tanggal 10 Suro di Desa Alasmalang kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Ritual ini juga merupakan ritual yang sudah dilakukan secara turun temurun dan telah dikemas menjadi kegiatan budaya khas banyuwangi.

10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
Adapun tujuan dari ritual ini yaitu bertujuan untuk meminta hujan atau juga sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang melimpah dan juga sebagai bentuk doa untuk musim tanam yang berikutnya. 

2. Budaya Ritual Tiwah ( Kalimantan Tengah ).

Ritual ini dilakukan oleh masyarakat Kalimantan Tengah yang menganut aliran ‘”Kaharinan “. Adapun tradisi ini memiliki tujuan untuk menghantarkan roh para leluhur ke alam baka dengan cara mensucikannya lalu meindahkan jasad mereka dari liang kubur ke suatu tempat tertentu yang diberi nama “Sandung”.

10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
Sandung sendiri adalah suatu tempat atau bangunan kecil yang terbuat dari kayu ulin dan memiliki 1, 3 hingga 4 tiang utama yang memiliki fungsi sebagai persemayaman orang telah meninggal dunia. Selain itu, Sandung juga dibuat khusus untuk satu keluarga untuk satu keturunan. Maka dari itu, jika ada keluarga dari keturunan yang lain,  tulang atau jasadnya tidak akan di masukkan ke dalam Sandung yang sama.

Ada juga yang disebut Sandung Ngabe yang merupakan salah satu peninggalan dari Suku Dayak Kaharingan yang menjadi suatu tempat disemeyamkannya para tokoh atau leluhur Kampung Pahandut. 

3. Budaya Mappassilaga Tedong ( Toraja, Sulawesi Selatan ).

Mappassilaga Tedong dalam bahasa Indonesia memiliki arti yaitu adu kerbau. Adapun jenis kerbau yang di adu yaitu jenis kerbau Bule atau kerbau Lumpur. Adapun tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk prosesi pemakaman leluhur Tanah Toraja atau merupakan bagian dari tradisi Upacara Rambu Solo yang merupakan bentuk penghormaan bagi orang yang telah lama wafat.

10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
Mappassilaga Tedong adalah merupakan tradisi khas yang unik dari Tanah Toraja Sulawesi Selatan yang telah rutin dilakukan pada proses pemakaman Rambu Solo dan dilakukan sebelum proses upacara adat dimulai.

Bagi sebagian masyarakat Toraja, Bagi mereka kerbau adalah hewan yagn suci dan meyakini bahwa kerbau adalah kendaraan bagi arwah leluhur menuju Puya (dunia arwah/akhirat). Kerbau juga dianggap memiliki kedudukan yang unik sebab di ternakkan dan dijadikan sebagai alat pembajak sawah serta sakral dan sebagai simbol dari status sosial orang Toraja.

4. Budaya Pasola ( Sumba ).

Tradisi Pasola dilakukan oleh masyarakat Sumba secara rutin pada setiap bulan  Maret atau Februari dengan tujuan sebagai bentuk permohonan kepada para leluhur agar panen dapat berhasil. 

Pasola merupakan suatu tradisi perang-perangan khas Sumba yang menggunakan pasukan kuda dengan jumlah yang banyak, mulai 10 hingga 100 orang per-kelompok dan menggunakan tongkat kayu sebagai senjata dengan panjang setengah meter. 

5. Budaya Dugderan ( Semarang ).

Tradisi Dugderang yang dilakukan oleh masyarakat semarang ini dilaksanakan tepatnya pada satu hari menjelang bulan Ramadhan (puasa). Adapun kegiatan didalamnya terdiri dari kegiatan pasar rakyat yang dimulai satu minggu sebelum acara dugderang dilaksanakan.

Ciri khas ritual dugderang ini yaitu dengan adanya warakcendok ( sejenis binatang rekaan yang memiliki tubuh kambing, berkepala naga dan juga bersisik emas) yang menjadi ikon dari ritual tersebut. 

6. Budaya Tabuik ( Pariaman ).

Tradisi budaya Tabuik dilakukan dalam rangka memperingati hari Asyura yang dilaksanakan oleh masyarakat Minang Kabau Sumatera Barat. 

Tabuik sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mengusung jenazah yang dibawa selama proses ritual upacara berlangsung.

7. Budaya Makepung ( Bali )  

Makepung dalam arti bahasa Indonesia berarti “ Balap Kerbau “ dan sudah dilakukan sejak lama dan secara rutin dibali serta menjadi atraksi wisata khas bali yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melancong ke bali. 

Awal mula kegiatan ini dilakukan hanya oleh para petani sebagai bentuk permainan disela-sela kegaiatan membajak sawah para saat panen. 

8. Budaya Debus ( Banten ).

Debus merupakan salah satu dari bentuk aksi bela diri yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan manusia yang luar biasa. Tradisi debus ini bisa dikatakan cukup ekstrim dan beresiko tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh orang – orang tertentu atau orang-orang yang telah terlatih.

10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain
Atraksi debus ini dikatakan ekstrim sebab mempertontonkan atraksi yang menggunakan senjata tajam dan hal berbahaya lainnya seperti sajam, air keras, dan lainnya sebagai media atraksinya. Meskipun demikian, atraksi ini sudah menjadi tradisi khas Banten yang diperbolehkan untuk dilakukan dalam proses upcara yang ada di daerah Banten.

9. Karapan Sapi ( Madura ).

Karapan sapi merupakan ajang pesta rakyat dan juga sebagai tradisi yang prestisi yang dianggap dapat mengangkat status sosial seseorang.  Kegiatan karapan sapi ini dilakukan ketika para masyarakat Madura berhasil menuai hasil padi atau tembakaunya. 

10. Budaya Kasada ( Bromo ).

Kasada merupakan suatu proses ritual atau upacara persembahan sesajen kepada sang hyangwidi yang dilakukan setiap bulan kasada di hari yang ke 14. 

Upacara ini merupakan bentuk ucapan atau rasa syukur dari masyarakat Tengger atas hasil panen yang melimpah dan doa untuk meminta kesembuhan dari berbagai macam jenis penyakit. 

Katahuilah bahwa budaya – budaya unik tersebut diatas, hany ada di Indonesia saja maka dari itu, banggalah kita menjadi orang Indonesia serta mari kita sama-sama bersatu dalam menjaga khasanah budaya yang ada di Indonesia.

Demikian penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "10+ Budaya Indonesia yang Unik dan Tidak Ada di Negara Lain"

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel