Pengertian dan Contoh Norma Agama

Norma Agama terbagi atas dua yaitu : Agama Wahyu (Samawi) dan Agama Budaya. Agama Wahyu adalah suatu ajaran yang berisi perintah, larangan, dan kebolehan yang disampaikan kepada umat manusia berupa wahyu melalui malaikat dan rasulmya. Sedangkan Agama Budaya adalahajaran yang dihasilkan oleh pikiran dan perasaan manusia secara kumulatif.

Pengertian dan Contoh Norma Agama 


Pengertian dan Contoh Norma Agama

1. Pengertian norma agama

Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan kepada Nabi berdasarkan atas agama atau kepercayaan masing-masing. Peraturan hidup yang diterima sebagai perintah-perintah, larangan –larangan dan anjuran-anjuran tersebut berasal dari Tuhan.

Norma agama merupakan tuntutan hidup manusia untuk menuju kearah yang lebih baik dan benar. Selain itu, norma agama mengatur tentang kewajiban manusaia terhadap Tuhan dan dirinya sendiri. Pelamggran terhadap norma agama akan mendatangkan sanksi dari Tuhan. Dalam hal sanksi ini, ada pendapat yang mengatakan sanksi  Tuhan dapat saja lebih dahulu datangnya di dunia ini. 

Norma agama berisi larangan untuk manusia agar tidak melakukan perbuatan tercela yang dilarang Tuhan. Penekanan norma agama bukan pada saikap lahir, melainkan pada sikap batin manusia. Diharapkan batin tersebut sesuai dengan norma agama yang diyakini sebagai sebuah kepercayaan . Namun, karena sanksi norma agama baru akan dterima oleh pelanggarnya sesudah ia mati, sanksi menjadi kurang berpengaruh. Sanksi ini juga tidak berpengaruh terhadap mereka yang tidak menganut agama tertentu. Bahkan, ada umat beragama yang tidak peduli dengan sanksi norma agama.

Contoh kasus :

Berbuat baik terhadap makhluk hidup lainnya adalah hal yang diajarkan  oleh semua agama. Tidak hanya berbuat baik dengan sesama, melainkan juga berbuat baik kepada makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. Seperti halnya suku badui yang tidak menebang pohon untuk kebjutuhn hidupnya sehari-hari. Mereka hanya mengambil ranting-ranting pohon sudah patah dan jatuh di tanah. Karena menurut kepercaan mereka, Tuhan akan marah jika manusia mengambil melebihi dari apa yang dibutuhkan. 

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Norma Agama Serta Contoh Kasusunya tersebut diatas, semoga bermanfaat.
Sumber : Generasi Taat Hukum_Jakarta,2009.
Penulis : Nur Asiah.
Penerbit : Mediantara Semesta.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Norma Agama "

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel